Apakah Harus Beli / Sewa komputer bagi Perusahaan ?


Saat perusahaan membutuhkan komputer, laptop, atau perlengkapan teknologi lainnya; haruskah pembaca setia Matra Computer (MC) membeli atau menyewanya? Kalau masih ragu, artikel kali ini diharapkan membantu memantapkan pilihan pembaca MC. Karena kali ini MC akan membahas kelebihan dan kekurangan dari beli atau sewa.

Sewa: Keuntungan
Menyewa akan membuat perlengkapan perusahaan selalu up-to-date. Komputer dan perlengkapan teknologi lainnya semakin lama semakin tertinggal jaman. Dengan menyewa, tidak perlu pusing mememikirkan budget untuk menjaga perlengkapan teknologi tidak ketinggalan jaman. Sebagai contoh, dengan menyewa seratus komputer untuk dua tahun, setelah habis masa sewa maka dengan mudah memilih sewa selanjutnya dengan komputer yang lebih baru dan cepat.

Perusahaan dapat memperkiran biaya bulanan lebih rinci lagi. Dengan menyewa, perusahaan akan membuat budget bulanan lebih rinci.

Tidak ada biaya yang besar di awal. Menyewa akan membuat perusahaan atau institusi mendapatkan komputer dengan model mutakhir tanpa biaya besar di awal dan lebih murah dari membayar kredit tiap bulannya.

Membuat perusahaan lebih fokus menghadapi persaingan. Dengan biaya lebih murah tiap bulannya yang telah dijelaskan di atas akan membuat pengeluaran lebih kecil sehingga budget yang ada lebih dapaat difokuskan untuk menghadapi persaingan.

Sewa: Kekurangan
Membayar lebih untuk jangka panjang. Untuk barang yang sama, semisal satu unit komputer dalam empat tahun, jika ditotal sayangnya menyewa akan lebih mahal. Satu unit komputer jika membeli baru seharga 10 juta rupiah sedang menyewa selama selama 11 juta rupiah.

Akan ada biaya tetap meski barang tidak digunakan. Hal ini dikarenakan dengan perjanjian lamanya anda menyewa, jika selama dua tahun maka akan terkena biaya sewa tiap bulannya meski barang yang ada hanya digunakan setahun.

 

Beli: Keuntungan
Proses yang cepat. Seperti membeli barang pada umumnya, pembaca memutuskan barang yang dibeli, lalu membayarnya dan langsung dapat dibawa pulang. Sedang untuk penyewaan akan memakan waktu untuk melihat detail perjanjian dengan penyewa.

Jika terjadi kerusakan yang tidak dicover garansi, tidak perlu pusing. Karena barang tersebut adalah milih pembaca, makan tidak ada kewajiban untuk mengeluarkan biaya pengganti seperti halnya dalam sewa.

Barang dapat dijual. Jika dalam pertengahan bisnis anda memerlukan dana lebih anda dapat menjual barang elektronik tersebut yan merupakan aset perusahaan. Dan tentunya, setelah barang elektronik tersebut ketinggalan jaman, anda dapat menjual barang tersebut ke pasar.

Beli: Kerugian
Ada biaya awal perusahaan yang lebih penting. Barang elektronik merupakan barang pendukung kinerja perusahaan. Sedang suatu perusahaan atau institusi ada biaya lain yang lebih penting sepertinpengeluaran untuk iklan, pemasaran dan pengeluaran lain yang dapat membuat pertumbuhan perusahaan lebih cepat.

Anda akan mengalami perlengkapan elektroning yang ketinggalan jaman nantinya. Sepertin yang terebut sebelumnya pertumbuhan teknologi sangatlah cepat dan menjual kembali produk anda bukanlah hal mudah. Rata-rata pertumbuhan teknologi akan sangat terasa setiap dua tahun sekali, lihat dua tahun yang lalu saat harga ponsel 4G sangatlah mahal.